Cara untuk menggunakan daftar kontak yang bisa kita manfaatkan

Ketika Anda sedang mencari pekerjaan, Selain memeriksa iklan di koran, internet, dan papan buletin, hal ini juga sangat membantu untuk meminta informasi dari orang-orang pada daftar kontak Anda hangat.


Mereka dapat menyediakan Anda dengan informasi terbaru tentang perusahaan dan posisi kekosongan yang diposting pada pekerjaan iklan.  Pada saat ketika mereka tidak dapat menyediakan informasi tentang pekerjaan yang Anda mencari, mereka mungkin dapat mengarahkan Anda kepada seseorang yang mereka tahu yang mungkin dapat memberitahu Anda sesuatu tentang pekerjaan.

Ini disebut jaringan.  Jaringan adalah ketika Anda mulai menggunakan daftar hangat Anda untuk mendapatkan informasi atau arahan ke kontak mereka.  Banyak orang yang ditolak oleh pemikiran jaringan.  Beberapa percaya bahwa itu bukanlah sumber yang dapat dipercaya informasi tentang pekerjaan.  Lain mengatakan jaringan lebih sulit daripada mengikuti mengarah pada iklan yang diposting di papan koran, internet atau iklan.

Bertentangan dengan kepercayaan tersebut, Jaringan tidak begitu sulit untuk melakukan.  Anda mungkin hanya perlu menghubungi atau bertemu dengan beberapa orang, dan Anda bisa mendapatkan informasi berharga yang dapat membantu dalam pencarian karir Anda.  Juga, karena orang yang Anda temui milik industri yang sama, mereka dapat memberikan Anda informasi tentang mempekerjakan yang tidak diiklankan dan tangan pertama fakta tentang perusahaan.  

Anda sudah jaringan dan Anda hanya tidak tahu itu.  Ketika Anda telah melihat sebuah iklan di koran yang dikirim oleh perusahaan Anda tahu sedikit tentang, Anda meminta teman-teman Anda jika mereka tahu seseorang yang bekerja untuk perusahaan.  Jadi bahkan jika Anda tidak tertarik dengan gagasan tentang jaringan, hal ini masih penting ketika mencari pekerjaan.  Untuk membuat jaringan lebih mudah dan lebih produktif bagi Anda, berikut adalah beberapa tips.

* Menyiapkan daftar kontak hangat

Ketika Anda telah menyiapkan daftar kontak hangat, akan lebih mudah untuk memilih orang-orang yang Anda memilih untuk menelepon dulu.  Ini adalah orang-orang yang Anda pikir beberapa informasi tentang pekerjaan.  Mereka mungkin bekas majikan, kolega dan anggota organisasi profesional milik industri yang sama.  Mereka biasanya memiliki informasi tangan pertama, up-to-date dan dapat diandalkan.

* Memanggil kontak hangat

Ketika Anda menelepon kontak hangat, memberitahu mereka bahwa Anda secara aktif mencari pekerjaan.  Meminta mereka untuk membiarkan Anda tahu jika mereka mendengar tentang lowongan pekerjaan Anda mungkin akan tertarik.  Itu lebih baik untuk memberitahu mereka apa jenis pekerjaan yang Anda cari.  Dan jangan lupa untuk meninggalkan nomor kontak Anda dengan mereka, sehingga mereka dapat menghubungi Anda jika mereka mendengar apa-apa.  Hal ini juga lebih baik jika Anda dapat meninggalkan sebuah salinan dari resume Anda dengan mereka sehingga mereka dapat menunjukkan atau kirimkan ke seseorang yang akan dapat membantu Anda dalam pencarian kerja Anda.

* Menilai diri sendiri sebelum memanggil kontak Anda

Anda kontak hangat mungkin bertanya tentang keahlian Anda, pengalaman, kemampuan, kepentingan, harapan dan cita-cita karir.  Anda harus dapat berbicara tentang ini tulus dan Anda harus mampu menggambarkan informasi apa yang Anda ingin memiliki kontak Anda.

Untuk membantu Anda mempersiapkan, Anda dapat berlatih dengan penyusunan naskah pada apa yang harus kukatakan.  Dengan cara itu, Anda dapat mengartikulasikan apa yang Anda ingin berkomunikasi dengan kontak yang hangat.

Mengantisipasi pertanyaan tentang diri Anda, jadi Anda harus berlatih menjawab pertanyaan tentang pekerjaan Anda sebelumnya dan apa yang dapat Anda berkontribusi kepada perusahaan.

Tanyakan untuk arahan

Jika kontak hangat Anda tidak dapat memberi Anda informasi yang akan membantu Anda mencari pekerjaan, meminta nama setidaknya dua orang yang mereka pikir akan dapat membantu Anda.  Meminta nomor kontak mereka, dan jika mungkin, waktu yang mereka akan bebas untuk berbicara melalui telepon.

* Hubungi arahan segera

Ketika kontak hangat Anda memberi Anda arahan, mereka bahkan dapat menghubungi orang untuk memberitahu mereka bahwa Anda akan meminta untuk informasi lebih lanjut.  Kadang-kadang, orang yang Anda diarahkan ke akan memanggil kontak yang hangat.  Oleh karena itu, lebih baik untuk memanggil arahan Anda dalam beberapa hari setelah Anda telah berbicara dengan kontak yang hangat.

Ketika Anda membuat panggilan, memperkenalkan diri dan memberitahu orang yang dimaksud Anda ke dirinya dan bagaimana Anda berhubungan dengan orang yang disebut Anda.  Menjadi sopan, tapi sederhana, menginformasikan orang apa informasi yang Anda cari.

Jaringan benar-benar bukan hal yang sulit untuk dilakukan.  Dengan cukup latihan dan pengalaman, Anda dapat memaksimalkan manfaat yang bisa Anda dapatkan dari jaringan.